MENGENAL PT GAJAH TUNGGAL TBK

/

Kamis, 26 Desember 2013



PT. Gajah Tunggal Tbk adalah jenis perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produsen ban terbesar di Asia Tenggara,  memproduksi dan mendistribusikan ban berkualitas tinggi untuk mobil penumpang, SUV's / Truk ringan, off-road, industri dan sepeda motor. PT. Gajah Tunggal Tbk juga memproduksi dan mendistribusikan produk karet terkait lainnya seperti karet sintetis, benang ban, ban dalam, flap, o-ring dan banyak lagi.

PT. Gajah Tunggal Tbk termasuk kedalam bentuk perusahaan Perseroan Terbatas dilihat dari pengertian Perseroan terbatas yaitu  badan usaha yang modalnya diperoleh dari hasil penjualan saham.

Sumber modal PT. Gajah Tunggal Tbk, berawal dari modal sendiri yang dimiliki oleh Sjamsul Nursalim. PT. Gajah Tunggal memperoleh dana juga dari beberapa investor. Tahun 1981 PT Gajah Tunggal Tbk mendapat bantuan dari Inoue Rubber Company, Jepang untuk memproduksi ban sepeda motor. Pada tahun 2002 PT Gajah Tunggal Tbk menyelesaikan restrukturisasinya karena timbulnya krisis keuangan Asia, yang memungkinkan Perusahaan untuk menurunkan beban hutangnya lebih dari US$ 200 juta dan mengkonversi hutang ke FRN. Tahun 2005 Perusahaan menerbitkan Obligasi Global senilai US$ 325 juta. Dana hasil dari obligasi tersebut digunakan untuk membeli kembali sejumlah wesel bayar dan untuk membiayai ekspansi perusahaan. Tambahan dana sebesar US$ 95 juta berasal dari penawaran tambahan obligasi global untuk membiayai ekspansi yang sedang berjalan dan untuk pengeluaran modal guna membiayai riset dan pengembangan produk baru. Perusahaan juga kembali memasuki pasar modal dengan melakukan emisi saham dengan perbandingan 10:1 dengan nilai emisi sebesar Rp 158,4 milyar (sekitar US$ 17 juta) untuk memenuhi modal.

Distribusi cadangan PT Gajah Tunggal dipergunakan untuk memaksimalkan kegiatan operasional perusahaan.

Evaluasi keberhasilan PT. Gajah Tunggal Tbk dilihat dari sisi perusahaan yaitu SDM yang sangat professional, kualitas produk yang handal, melakukan training bagi para karyawan secara berkala, penggunaan teknologi yang canggih dan modern dalam memproduksi produk, sistem manajemen yang bagus.

Evaluasi keberhasilan PT. Gajah Tunggal Tbk dilihat dari sisi karyawan yaitu professional karyawan dalam menjalankan pekerjaannya, kedisipilan karyawan, loyalitas karyawan serta kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh karyawan.

Peran Perusahaan :
1.              Perusahaan sebagai Produsen
Peran utama perusahaan tentu menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dari setiap barang yang terjual, perusahaan akan mendapat keuntungan yang digunakan untuk menggaji karyawan maupun untuk mengembangkan perusahaan lebih lanjut.

2.              Perusahaan sebagai Konsumen
Perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa tentu membutuhkan faktor-faktor produksi. Untuk bisa melakukan kegiatan produksi perusahaan membutuhkan tenaga kerja/karyawan, bahan baku, modal, dan keahlian. Perusahaan tidak memiliki faktor produksi tersebut, yang memilikinya adalah rumah tangga dan masyarakat di samping alam. Karena itulah perusahaan menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Itulah fungsi perusahaan sebagai konsumen.

3.              Perusahaan sebagai Distributor
Barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan tidak akan berguna jika tidak sampai ke konsumen dan tidak bisa dikonsumsi. Untuk menjamin barang dan jasa sampai ke konsumen, umumnya perusahaan melakukan kegiatan distribusi di antaranya: Membuka agen yang dekat dengan konsumen, mengadakan kegiatan perdagangan, mengadakan promosi.

4.      Menyelenggarakan kemanfaatan umum

5.      Memenuhi kebutuhan konsumen

6.      Memupuk pendapatan

7.      Memajukan ekonomi negara

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar