PERANAN SISTEM AKUNTANSI BAGI DUNIA BISNIS

/

Sabtu, 24 Januari 2015

Akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi (Jusup, 2001). Akuntansi berperan sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Informasi keuangan tersebut berguna untuk menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan yang di hasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak yang berkepentingan. Dari laporan akuntansi kita dapat melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya.

Peranan akuntansi dalam bidang bisnis terdiri dari, pengendalian keuangan, operasi perusahaan, pelaporan dan perencanaan (Ong, 2002). Salah satu peran utama dari akuntansi adalah dalam hal pengendalian keuangan. Pengendalian biaya adalah salah satu faktor utama untuk keberhasilan usaha. Pengelolaan biaya overhead dan biaya produksi akan menentukan perbedaan antara rugi dan laba. Peran kedua adalah operasi perusahaan, seperti penagihan terhadap pelanggan, pembayaran gaji karyawan, pembayaran tagihan pemasok, pemeliharaan persediaan, dan masing-masing tugas mempunyai peran dari proses akuntansi.

Peranan ketiga adalah pelaporan. Pelaporan akuntansi termasuk Neraca dan Laporan Laba Rugi  menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk menilai kinerja perusahaan. Dengan laporan yang akurat, kita dapat mengantisipasi keadaan perusahaan dan dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi perusahaan tersebut. Selanjutnya peranan keempat adalah perencanaan. Perencanaan adalah penetapan tujuan dan langkah-langkah pendekatan terintegrasi yang diambil untuk mencapai tujuan organisasi bisnis. Jika perusahaan mempunyai sistem akuntansi yang baik, kita akan memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menetapkan tujuan. Kita juga harus mendefinisikan cara mencapai tujuan tersebut. 

Jelaslah bahwa sebuah sistem akuntansi yang baik adalah kebutuhan mendasar untuk beerhasilnya praktik bisnis.

Daftar Pustaka
Jusup, Haryono. 2001. Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta. STIE YKPN.
Ong, Albertus. 2002. Menguasai MYOB Accounting Plus Versi II Jilid 1. Jakarta. Elex Media Komputindo.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

THANKS MBAK Arum atas infonya...

Posting Komentar