Perusahaan Menufaktur

/

Selasa, 02 Juli 2013


Pengertian perusahaan manufaktur secara umum adalah perusahaan yang kegiatan nya mengolah bahan mentah (bahan baku) menjadi barang jadi yang siap untuk digunakan oleh masyarakat. perusahaan manufaktur sangat berhubungan dengan fitur teknologi dan teknik rekayasa dalam melakukan proses pengolahan bahan baku.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa contoh perusahaan manufaktur :

Industri barang keperluan rumah tangga

Contoh perusahaan manufaktur yang satu ini banyak sekali jenisnya. Ada yang berskala kecil namun ada pula yang berskala besar. Misalnya industri pembuatan piring, gelas, sendok dan sebagainya. Kemudian ada industri mebel atau funiture dan keperluan interior lainnya.

Industri garmen

Contoh perusahaan manufaktur ini bisa disebut sebagai perusahaan hilir dari industri tekstil. Sedang industri tekstilnya sendiri disebut sebagai industri hulu. Perusahaan garmen ini juga merupakan salah satu industri padat karya yang banyak membantu program pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran.
Industri ini mengolah atau menjadikan kain menjadi barang produksi lain berupa baju atau pakaian. Tentu saja alat yang paling utama digunakan dalam industri ini adalah mesin jahit.

Industri barang kerajinan

Meski sering berbentuk usaha kecil atau menengah, namun contoh perusahaan manufaktur yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Karena nilai devisa yang dihasilkan dari industri ini juga cukup besar perannya dalam memajukan dunia perekonomian di Indonesia.
Kebanyakan hasil produksi dari industri ini adalah untuk konsumsi luar negeri atau ekspor. Proses produksi dari industri jenis ini biasanya diambil dari bermacam-macam bahan (terutama yang bersifat bekas dan ramah lingkungan) menjadi produk baru dengan nilai lebih pada penampilannya. Dan seperti dua contoh di atas, industri barang kerajinan juga bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Industri otomotif

Ini adalah contoh perusahaan manufaktur yang menggunakan teknologi tinggi. Demikian pula dengan alat atau mesin yang digunakan. Namun meski demikian, perusahaan ini juga banyak menyerap tenaga kerja, mulai dari proses produksinya hingga sampai pada penjualan serta pelayanan purna jualnya.

Perusahaan tekstil

Ini adalah contoh perusahaan manufaktur yang paling banyak beroperasi di Indonesia. Kelebihan yang dimiliki dari perusahaan ini adalah bisa menyerap banyak tenaga kerja karena merupakan industri padat karya.
Dalam melakukan proses produksinya, perusahaan ini mengolah serat kayu, kapas dan bulu binatang terutama domba yang diolah menjadi benang. Kemudian dari benang ini diolah lagi menjadi kain. Inilah yang dimaksud dengan teknologi rekayasa yang menggunakan mesin atau alat produksi.

Industri elektronika

Contoh perusahaan manufaktur yang satu ini keadaannya juga tidak berbeda jauh dengan industri otomotif. Untuk teknologinya masih mengandalkan teknologi dari luar negeri, terutama dari Jepang, Korea dan beberapa negara Eropa serta Amerika.

Topik yang berhubungan:

pengertian perusahaan manufaktur - definisi perusahaan manufaktur - pengertian perusahaan manufaktur terbaru - pengertian industri manufaktur - pengertian perusahaan manufaktur dan contohnya - arti perusahaan manufaktur - makalah perusahaan manufaktur - pengertian perusahaan manufaktur adalah - pengertian manufaktur - materi perusahaan manufaktur - 

0 komentar:

Posting Komentar